Pendidikan
memang tidak bisa dilepaskan dari psikologi. Sumbangsih psikologi terhadap
pendidikan sangatlah besar. Kegiatan pendidikan, khususnya pada pendidikan
formal, seperti pengembangan kurikulum, Proses Belajar Mengajar, sistem
evaluasi, dan layanan Bimbingan dan Konseling merupakan beberapa kegiatan utama
dalam pendidikan yang di dalamnya tidak bisa dilepaskan dari psikologi.
Pada
mulanya buku ini muncul dari kebutuhan akan materi perkulihan psikologi
pendidikan dimana semakin langka untuk mendapatkan referensi. Yang penulis
lakukan ini adalah untuk mempermudah mahasiswa dalam memperkaya ilmu
pengetahuan khususnya pada bidang psikologi pendidikan.
Gagasan-gagasan
yang ada dalam buku ini merupakan sumber dari beberapa gagasan dan teori dari
buku-buku yang diangap relevansinya sangat bermutuh. Bahan itu kemudian penulis
perluas pada beberapa bab dalam tulisan ini.
Buku
ini muncul berkaitan dengan kebutuhan pragmatis, isinya bukan hanya “teori”
psikologi Pendidikan, malainkan juga diarahkan kepada tugas-tugas mahasiswa dan
memotivasi guru dalam dunia pendidikan. Tugas-tugas itu bertujuan untuk
memahami pendalaman dan pengembangan, serta penelitian-penelitian. untuk tujuan
itu maka acuan yang dicatumkan bukan buku-buku sumber asing malaikan juga
buku-buku dan makalah-makalah yang ada pada perpustakaan-perpustakaan.
Akhirnya, penulis
ingin mengemukakan rasa terima kasih kepada penerbit yang telah memberikan
kesampatan kepada penulis untuk menyelesaikan tulisan ini, kepada seluruh
rekan-rekan yang telah memotovasi dan mendorong penulis untuk selalu berkarya.