Pages

Kamis, 25 Februari 2016

Modul Psikologi Pendidikan



Pendidikan memang tidak bisa dilepaskan dari psikologi. Sumbangsih psikologi terhadap pendidikan sangatlah besar. Kegiatan pendidikan, khususnya pada pendidikan formal, seperti pengembangan kurikulum, Proses Belajar Mengajar, sistem evaluasi, dan layanan Bimbingan dan Konseling merupakan beberapa kegiatan utama dalam pendidikan yang di dalamnya tidak bisa dilepaskan dari psikologi.
Pada mulanya buku ini muncul dari kebutuhan akan materi perkulihan psikologi pendidikan dimana semakin langka untuk mendapatkan referensi. Yang penulis lakukan ini adalah untuk mempermudah mahasiswa dalam memperkaya ilmu pengetahuan khususnya pada bidang psikologi pendidikan.
Gagasan-gagasan yang ada dalam buku ini merupakan sumber dari beberapa gagasan dan teori dari buku-buku yang diangap relevansinya sangat bermutuh. Bahan itu kemudian penulis perluas pada beberapa bab dalam tulisan ini.
Buku ini muncul berkaitan dengan kebutuhan pragmatis, isinya bukan hanya “teori” psikologi Pendidikan, malainkan juga diarahkan kepada tugas-tugas mahasiswa dan memotivasi guru dalam dunia pendidikan. Tugas-tugas itu bertujuan untuk memahami pendalaman dan pengembangan, serta penelitian-penelitian. untuk tujuan itu maka acuan yang dicatumkan bukan buku-buku sumber asing malaikan juga buku-buku dan makalah-makalah yang ada pada perpustakaan-perpustakaan.
Akhirnya, penulis ingin mengemukakan rasa terima kasih kepada penerbit yang telah memberikan kesampatan kepada penulis untuk menyelesaikan tulisan ini, kepada seluruh rekan-rekan yang telah memotovasi dan mendorong penulis untuk selalu berkarya.